Pinjaman dana tunai

Meminjam uang menjadi salah satu solusi untuk kamu yang sedang membutuhkan dana segar untuk berbagai kebutuhan. Terlebih lagi saat ini, ada banyak tawaran pinjaman dana tunai yang datang, baik itu melalui pinjaman langsung ataupun melalui pinjaman tunai online yang saat ini tengah marak.

Ada begitu banyak jenis pinjaman tunai cepat yang tersedia saat ini, sehingga mungkin akan membuatmu sedikit bingung. Pinjaman langsung unggul dalam jumlah kredit yang diberikan, namun dengan proses yang ribet dan lama. Sedangkan pinjaman online bisa dibilang sangat mudah dan cepat dalam sisi proses, namun dana yang dapat dipinjam lebih sedikit dibandingkan pinjaman langsung.

Di antara pinjaman tersebut, ada satu pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang tak memerlukan syarat atau agunan apapun. Bagaimana sih cara mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan pribadi? Yuk simak beberapa caranya di sini.

Apa itu kredit dana tunai

Mendapatkan pinjaman tunai tanpa jaminan berarti menggunakan uang dari bank atau lembaga keuangan kecil yang tidak mengambil jaminan apa pun dari anda. Dengan demikian, debitur menyimpulkan kewajiban untuk membayar seluruh hutang dengan bunga. Tujuan dari uang ini mirip dengan pinjaman pribadi dan mencakup kebutuhan yang sama: membeli mobil, barang elektronik, pembiayaan berobat di klinik, berinvestasi dalam pendidikan pribadi, dll. Hipotek dalam pinjaman seperti itu tidak termasuk – Undang-undang Indonesia melarang menerbitkan jumlah yang signifikan tanpa jaminan, untuk menghindari penipuan.

Kredit dana tunai dihitung dengan cara khusus. Pertama, tenor dihitung. Dalam pinjaman bahasa Inggris (dan Indochinese), tenor adalah tanggal kadaluarsa dari suatu bill of exchange. Di Indonesia, dikeluarkan dari tiga hingga lima tahun, yang mana waktu tersebut kurang dari pinjaman mobil dan secara signifikan kurang dari jangka waktu pinjaman hipotek. Menurut jangka waktu, jumlah total angsuran akan dihitung sesuai dengan perhitungan distribusi pokok pinjaman dan persentase pinjaman. Pembayaran tunggakan dikenakan denda khusus oleh bank. Jika debitur membayar pinjaman dana tunai sebelum jangka waktu berakhir, maka denda akan tetap di sana. Jika pinjaman yang diambil tanpa jaminan tidak dilunasi sama sekali – kreditor akan mendatangi pengadilan sesuai dengan standar prosedur.

Perusahaan Kredit Terverifikasi di Indonesia

Kreditcepat.co.id
(4.16/5) 119 suara

Kreditcepat

Cepat, mudah, tanpa agunan Kreditcepat.co.id

300000 - 8000000 Rp.
dari 5 hingga 30 hari
suku bunga
untuk 3,5 per hari
Tunaiku
(4,23/5) 243 suara

Tunaiku

Pinjam cepat mudah

2 000 000 - 20 000 0000 Rp.
dari 180 hingga 600 hari
suku bunga
untuk 0,16% per hari
Indodana
(4,0/5) 113 suara
500 000 - 8 000 000 Rp.
dari 30 hingga 180 hari
suku bunga
untuk 1% per hari
Danabijak
(4.25/5) 214 suara

Danabijak

Halo Banjarmasin

500 000 - 3 000 000 Rp.
dari 7 hingga 30 hari
suku bunga
untuk 3,5 per hari
Binixo
(3.78/5) 276 suara

Binixo

Guaranteed loan for a card!

2000 - 30000 Rp.
dari 7 hingga 30 hari
suku bunga
untuk 1% per hari

Cara Dapatkan Pinjaman Tanpa Syarat Apapun

1) Keluarga atau teman

Bisa dibilang ini adalah cara yang paling mudah sekaligus paling beresiko. Pasalnya, kamu mungkin bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman uang tunai pribadi dari keluarga maupun teman, namun pada saat yang bersamaan, kamu mempertaruhkan hubungan silaturahmi atau pertemananmu jika kamu telat membayar pembayaran uang yang kamu pinjam tersebut.

Meski begitu, hakikatnya meminjam kepada keluarga atau teman memang memiliki banyak manfaat. Ini beberapa di antaranya:

– Bisa meminjam uang kapan saja sesuai dengan kebutuhan.

– Jika meminjam kepada keluarga, masih tak ada ada rasa malu atau sungkan dibanding meminjam kepada teman.

– Pinjaman bisa dibayar kapan saja atau sesuai dengan kemampuan

– Waktu pembayaran yang fleksibel dan tak mengikat.

– Jarang dikenakan bunga untuk pinjaman atau keterlambatan.

2) Jaminkan barang-barang pribadi

Yang kedua adalah dengan menjaminkan barang-barang pribadi. Pegadaian biasanya menjadi tempat yang tepat untuk kamu menjaminkan barang-barangmu, karena mereka memiliki KCA atau Kredit Cepat Aman. Kredit ini adalah kredit dengan sistem gadai yang biasanya digunakan untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif. Untuk mendapatkan kredit ini bisa dibilang cukup mudah, karena nasabah hanya perlu membawa agunan berupa emas, kendaraan bermotor, laptop, handphone, atau barang elektronik lainnya.

Kamu akan mendapatkan pinjaman uang tunai, mulai dari 50.000 hingga 500 juta rupiah, tergantung dari barang yang dijaminkan. Prosedurnya cukup mudah karena tak perlu membuka rekening bank, bahkan jangka pinjaman bisa diperpanjang sewaktu-waktu.

3) Gunakan kartu kredit

Jika kamu mempunyai kartu kredit, maka kamu dapat mengambil sejumlah uang dari kartu tersebut jika limitnya belum habis. Kartu kredit bisa dikatakan sebagai kartu hutang, karena bank memberikan kita sejumlah uang, dan kita harus mencicilnya kembali setiap bulannya.

Jika kamu memiliki pinjaman di kartu kredit, pastikan untuk berkomitmen membayarnya tepat waktu. Karena jika tak membayarnya tepat waktu, akan ada tunggakan berupa bunga berbunga yang sangat memberatkan dan merepotkanmu.

4) Ajukan pinjaman online

Cara ini juga kerap dipakai dewasa ini. Apakah kamu butuh kredit dana tunai cepat? Pinjaman online dalam jangka pendek biasanya merupakan cara tercepat yang bisa kamu lakukan.

Meskipun proses spesifik untuk pinjaman online dapat bervariasi dari satu pemberi pinjaman ke pemberi pinjaman lainnya, ada banyak cara yang sama untuk semua pihak. Untuk mendapatkan pinjaman online, kamu harus mengunjungi situs web pemberi pinjaman dan mengisi aplikasi pinjaman.

Kebanyakan pemberi pinjaman kemudian akan melakukan pemeriksaan kredit untuk mengevaluasi kelayakan kredit kamu. Berdasarkan apa yang mereka tentukan, mereka akan memutuskan apakah akan menyetujui aplikasimu.

Jika kamu disetujui, kreditur kamu akan menyetor dana langsung ke rekening bankmu. Ketika tiba saatnya untuk membayar kembali pinjaman, beberapa pemberi pinjaman akan secara otomatis menarik uang. Mereka menghapus jumlah utangmu, jadi pastikan kamu memiliki cukup uang untuk menutupi pembayaran.

Ketentuan untuk mendapatkan pinjaman tunai

Jadi, awalnya organisasi bertanya – untuk tujuan apa sebenarnya warga negara Indonesia akan mengambil pinjaman uang tunai tanpa jaminan. Dalam daftar alasan yang valid, kreditor biasanya memasukkan:

  • Biaya perbaikan rumah;
  • Pendidikan pribadi atau untuk kerabat;
  • Pembayaran tagihan untuk pengobatan;
  • Pengeluaran untuk ekspansi bisnis;
  • Biaya liburan;
  • Kebutuhan konsumsi kecil pribadi.

Batas maksimum KTA biasanya berkisar antara 200 hingga 300 juta rupee. Jumlah pinjaman tunai yang diberikan kepada calon debitur biasanya tergantung pada solvabilitas warga negara. Dengan demikian, semakin besar pendapatan debitur, semakin tinggi jumlah pinjaman yang bisa diperoleh. Bank biasanya menyetujui ukuran pinjaman jika jumlah kontribusi KTA per bulan tidak melebihi 40% – 60% dari total pendapatan bulanan.

Umumnya persyaratan dasar untuk aplikasi pinjaman tanpa keamanan bank adalah:

  • Warga negara Indonesia;
  • Usia 21 hingga 60 tahun;
  • Laba bersih bulanan sesuai dengan ketentuan masing-masing bank dan organisasi keuangan lainnya. Berlaku untuk orang dari semua profesi.

Orang asing juga dapat mengajukan Kredit Tanpa Agunan, jika mereka memberikan dokumen lengkap dan memiliki penghasilan bulanan yang memadai. Beberapa bank memiliki peraturan regional atau kota tertentu di mana Bank akan menerima aplikasi KTA hanya di tempat-tempat tertentu. Namun, hal ini tidak berlaku untuk bank-bank besar di Indonesia, seperti Mandiri, BCA, Danamon, dan Citibank.

Hitung jumlah dan biaya pinjaman

 
JUMLAH PINJAMAN
BIAYA
PEMBAYARAN TOTAL

Persyaratan dokumen untuk menerima KTA secara tunai:

  • Fotokopi KTP / Passport / KITAS
  • Fotokopi Slip Gaji / SKP / SPT (untuk karyawan dan spesialis)
  • Fotokopi saldo akun terakhir (untuk pengusaha)
  • Fotokopi NPWP dan fotokopi kartu kredit, yang dibuat oleh karyawan bank
  • Fotokopi SIUP / SITU dan perizinan dan tindakan menciptakan perusahaan (untuk badan hukum usaha kecil dan menengah)

Cara mengirim permintaan pinjaman dana tunai

Lantas, bagaimana sih caranya untuk mengajukan pinjaman? Ada beberapa langkah yang dapat kamu coba berikut ini.

1) Bandingkan beberapa penyedia pinjaman

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membandingkan beberapa situs penyedia pinjaman online. Jangan lupa untuk pastikan bahwa mereka diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2) Pilih dan ajukan pinjaman sesuai petunjuk

Setelah memilih penyedia pinjol yang cocok, Anda bisa langsung mengajukan lewat website. Isi kolom sesuai petunjuk, dan sertakan nomor telepon dan alamat email yang benar, serta perhatikan semua persyaratan pinjaman sebelum mengajukan.

3) Dihubungi Petugas

Petugas akan menelepon untuk mengonfirmasi data-data yang penting, seperti nomor KTP, penghasilan, dan pekerjaan. Nantinya konfirmasi ini akan dikirimkan ke bank atau provider pinjaman online sebagai bahan untuk persetujuan. Pastikan nomor telepon aktif setelah mengajukan pinjaman online.

4) Dikirimi SMS

Setelah data diterima, maka Anda akan mendapatkan pesan singkat atau email, yang merupakan notifikasi bahwa mereka telah menerima data Anda. Selanjutnya Anda tinggal menunggu persetujuan.

5) Tanda tangan perjanjian

Anda akan  didatangi oleh petugas untuk perjanjian pinjaman. Hal ini penting bagi kedua belah pihak, supaya keduanya memiliki kekuatan hukum.

6) Dana keluar

Setelah semua proses selesai, dana pinjaman akan dikeluarkan. Perhatikan biaya-biaya yang dibebankan kepada nasabah saat proses pengajuan, karena dana yang masuk ke rekening adalah jumlah pinjaman yang disetujui setelah dikurangi biaya-biaya administrasi.

Semakin mudah mendapatkan pinjaman uang tunai melalui online

Dewasa ini, memang semakin mudah untuk mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa agunan, apalagi melalui platform online. Pemerintah sendiri mencatat kenaikan transaksi dana tunai tanpa agunan, dengan jumlah peminjam yang menyentuh angka 9.743.679 rekening per bulan Juni 2019.

Data resmi dari OJK mencatat total penyaluran pinjaman online yang terdaftar secara resmi menyentuh angka 44,8 triliun rupiah per bulan Juni 2019. Jumlah ini naik hampir 100% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Mayoritas peminjam pinjol ini berada di DKI Jakarta dengan jumlah kredit sebesar 14,78 triliun rupiah, disusul dengan provinsi Jawa Barat sebanyak 11,38 triliun rupiah, dan provinsi Jawa Timur dengan jumlah 4,91 triliun rupiah. Tentunya data ini mengungkapkan jika mendapatkan pinjaman secara online sangat mudah dilakukan dewasa ini.

Cara mengembalikan uang pinjaman

Seperti semua lembaga kredit di dunia, di Indonesia, semakin rendah bunga pinjaman, semakin sedikit kontribusinya. Hal ini adalah benar, tetapi ada dua faktor lagi yang dapat menentukan ukuran KTA. Faktor pertama adalah jumlah pinjaman. Dengan demikian, semakin besar jumlah pinjaman cepat, semakin besar kontribusinya, dan sebaliknya. Faktor kedua adalah jangka waktu berlakunya pinjaman bank. Semakin lama jangka waktu pinjaman tanpa jaminan, semakin rendah jumlah pembayaran. Demikian pula, semakin pendek tenor, semakin besar pembayaran.

Perencanaan keuangan sebelum mengajukan permohonan memainkan peran penting dalam menentukan kemampuan debitur untuk membayar kembali pinjaman. Karena itu, Anda sangat disarankan untuk mengetahui jumlah pembayaran dengan cicilan pinjaman per bulan. Setiap lembaga yang terlibat dalam pinjaman tunai memiliki kalkulator penyelesaian khusus di situs webnya yang menunjukkan berapa banyak uang yang akan didebet dari rekening peminjam. Serta anda bisa untuk mengetahui formula untuk menghitung suku bunga di Indonesia dan bagaimana perubahannya tergantung pada situasi ekonomi. Grafik tersebut membantu anda membangun strategi pembayaran pinjaman individu.

Bagaimana memilih pemberi pinjaman yang andal

Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan situs pinjaman online yang benar-benar dapat diandalkan. Simak selengkapnya di sini.

1) Cek Izin OJK

Tips paling pertama adalah mengecek informasi perusahaan tersebut. Untuk Fintech, jika ingin mengetahui informasi perusahaan bisa mengecek di OJK dan AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia).

2) Pelajari Perhitungan Biaya

Di balik cepatnya pencairan dana, akan ada beberapa biaya yang dibebankan kepada nasabah. Bagi pinjol-pinjol ilegal, biasanya mereka tidak memberikan informasi mendetail soal potongan biaya provisi dan administrasi. Dana bisa saja langsung dicairkan dengan potongan yang sangat besar.

3) Memahami Syarat Pinjaman

Pengajuan pinjaman di Fintech jauh lebih mudah daripada di bank. Syarat-syarat yang diminta adalah foto KTP, foto selfie dengan KTP, foto slip gaji dan juga NPWP. Jika Anda menemukan pinjol yang berikan syarat yang menurutmu ganjil, ada baiknya untuk tak melakukan pengajuan.

4) Ketahui Prosedur Pencairan

Pinjol memang rata-rata memberikan jaminan pencairan uang dengan sangat cepat. Namun faktanya, tetap ada waktu untuk mencairkan dana tersebut. Kamu yang butuh dana tunai cepat dan harus menunggu prosedur pencairan beberapa hari tentu saja akan merasa kesal. Karena itu, cobalah untuk mencari tahu seberapa lama waktu yang diperlukan dalam proses pencairan dana.

5) Teliti Soal Tagihan

Pinjol yang legal, jelas akan memberikan informasi detail dan teliti soal penagihan. Mulai dari kapan tanggal jatuh tempo, berapa besaran bunga, denda yang akan dibebankan jika tagihan dibayar terlambat, penalti yang diberikan kalau tagihan dibayar lebih cepat daripada saat jatuh tempo hingga pilihan cicilan.

Keuntungan dari pinjaman dana tunai

Pinjaman tunai sangat mudah. Berikut daftar singkat manfaat-manfaatnya adalah:

  • Persyaratan untuk calon peminjam cukup sederhana;
  • Proses penerbitan KTA setelah mengajukan aplikasi online akan memakan waktu rata-rata 3-7 hari kerja dan maksimal 14 hari kerja.

Namun, ada juga beberapa pinjaman yang bisa disetujui dalam waktu 1 hari. Semakin lengkap dokumen yang diperlukan, semakin cepat pula proses pembayarannya.

  • Suku bunga tetap, tidak seperti banyak jenis pinjaman;
  • Fitur utama – pinjaman tunai tidak memerlukan jaminan untuk menerima dana;
  • Pinjaman mendesak dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan;
  • Batas kredit yang tinggi, hingga ratusan juta rupee dengan tingkat bunga yang wajar;
  • Periode pinjaman dipilih oleh klien.

Salah satu pilihan paling nyaman bagi klien adalah untuk mendapatkan kartu kredit. Untuk mengajukan permohonan KTA baik online maupun offline, calon peminjam harus terlebih dahulu menerima kartu kredit. Tetapi ada beberapa bank yang tidak mengharuskan calon peminjam untuk memiliki kartu kredit untuk mengajukan pinjaman. Alasan bank membutuhkan data peminjam adalah untuk keamanan finansial. Jika klien tidak ditagih sama sekali, ini tidak berarti bahwa bank dapat melacak kemampuan peminjam untuk membayar kontribusi pada akun kartu kredit setiap bulannya.

 

(4.45/5) 228 voice
Naik